Cowarmoka: Lembaga Pengelolaan Air Bersih Berbasis Masyarakat di Daerah Karst
LIPI Press
 
Field Value
 
Nama OBS Cowarmoka: Lembaga Pengelolaan Air Bersih Berbasis Masyarakat di Daerah Karst
 
Penulis Syarif Hidayat, Muhammad Soekarni, Fadjri Alihar, Dyah Marganingrum, Rachmat Fajar Lubis, Rizka Maria, Tukirin, Ananta Purwoarminta, dan Dyah Marganingrum
 
Subjek Fesyen
Muslimah
Transformasi
Kultural
 
Deskripsi Penulis: Syarif Hidayat, Muhammad Soekarni, Fadjri Alihar, Dyah Marganingrum, Rachmat Fajar Lubis, Rizka Maria, Tukirin, Ananta Purwoarminta, dan Dyah Marganingrum
Editor: Syarif Hidayat dan Muhammad Soekarni
Cowarmoka–Community Water Resources Management on Karst Area–merupakan pengelolaan air bersih berbasis masyarakat di daerah karst yang diprakarsai oleh tim peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Cowarmoka lahir dari rahim sebuah program pengelolaan air bersih yang sebelumnya sudah dicanangkan di Desa Ligarmukti, Kecamatan Klapanunggal, Bogor. 
Oleh para peneliti LIPI, lembaga pengelolaan air bersih yang sudah ada di Desa Ligarmukti tersebut dikaji dan dievaluasi melalui serangkaian kegiatan uji laboratorium sosial dan juga beberapa kali focus group discussion (FGD), seminar serta workshop. Semua pendapat, masukan, dan kritik dari para panelis selama kegiatan berlangsung menjadi catatan tersendiri dalam menyempurnakan model yang dibuat. 
Dari kegiatan pengujian yang berlangsung selama tiga tahun tersebut diperoleh gambaran bahwa model yang sebelumnya sudah dicanangkan ternyata memiliki kekurangan. Seluruh kegiatan dari hulu sampai hilir murni dikendalikan oleh pemerintah tanpa melibatkan masyarakat. Absennya peran masyarakat ini sering kali kemudian menimbulkan konflik sosial.
Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melahirkan model pengelolaan air bersih berbasis masyarakat yang disebut sebagai 'Cowarmoka'. Cowarmoka turut melibatkan peran aktif dan kreativitas masyarakat dalam mengelola air bersih di daerahnya. Tidak hanya cocok diterapkan di daerah karst, Cowarmoka ternyata juga cocok diterapkan di daerah-daerah yang kesulitan memperoleh air bersih.  



Copyeditor

Risma Wahyu Hartiningsih dan Heru Yulistiyan


Layouter
:
Ajar Lambangsih dan Meita Safitri


Cover designer 
:
Dhevi E.I.R. Mahelingga


Registrasi
:
ISBN 978-602-496-044-5


Halaman
:
xviii + 180 hal.


Dimensi
:
A5 (14,8 × 21 cm)



©2019 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
 
Penerbit LIPI PRESS
 
Tanggal 2019-12-04
 
Tipe Book

 
Format Digital (DA)
 
Nama Identifier https://e-service.lipipress.lipi.go.id/press/catalog/book/189
 
Sumber LIPI PRESS;