Koleksi Kebun Raya Liwa, Lampung: Tumbuhan Berpotensi sebagai Tanaman Hias
LIPI Press
 
Field Value
 
Nama OBS Koleksi Kebun Raya Liwa, Lampung: Tumbuhan Berpotensi sebagai Tanaman Hias
 
Penulis Esti Munawaroh, Yuzammi, Saniyatun Mar’atus Solihah, Suhendar
 
Subjek Pulau
Wawonii
Keanekaragaman
Ekosistem
Flora
Fauna
 
Deskripsi Penulis: Esti Munawaroh, Yuzammi, Saniyatun Mar’atus Solihah, Suhendar
Degradasi potensi hutan dan ekosistemnya akibat gempuran arus modernisasi secara alamiah menyebabkan kelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia terancam. Apabila kondisi ini dibiarkan, tidak menutup kemungkinan lambat laun kelangkaan, bahkan kepunahan, salah satu atau beberapa jenis tumbuhan Indonesia menjadi sesuatu yang tidak terelakkan. 
Menyikapi hal tersebut, salah satu solusi strategis yang dilakukan oleh LIPl-dalam hal ini Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya­LIPl-adalah melakukan konservasi ex-situ dalam bentuk kebun raya sebagaimana amanat nasional yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya. Terkait hal tersebut, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya-UPI melakukan pembinaan dan pengawasan teknis atas pembangunan kebun raya di Indonesia dengan hara pan ke depan dapat dibangun paling tidak satu kebun raya di setiap provinsi untuk mewakili ekoregion yang ada di Indonesia. 
Terbitnya buku ini merupakan salah satu representasi upaya pembangunan kebun raya di salah satu provinsi di Indonesia, yakni Lampung. Buku ini mengupas tuntas semua jenis tanaman (hias) yang menjadi koleksi Kebun Raya Liwa, termasuk nama ilmiah dan nama daerahnya serta manfaat (kegunaan) dan cara pembudidayaannya. Tak ketinggalan pula foto setiap jenis tanaman yang diulas turut disertakan di dalam buku ini. 
Oleh karena itu, buku ini cocok dibaca oleh Anda pehobi tanaman hias atau siapa pun yang peduli dengan lingkungan hijau. Segudang manfaat akan Anda dapatkan seiring meningkatnya kesadaran Anda terhadap arti penting keanekaragaman hayati/biodiversitas (bagi kelangsungan hidup masyarakat) Indonesia. 
Jika bukan kita, penjagaan kelestarian hayati Indonesia harus dimulai dari siapa?



Copyeditor

Tantrina Dwi Aprianita


Layouter
:
Siti Qomariah dan Rahma Hilma Taslima


Cover designer 
:
Dhevi E.I.R. Mahelingga


Registrasi
:
ISBN 978-979-799-888-2


Halaman
:
xiii + 133 hlm.


Dimensi
:
A5 (14,8 x 21 cm)



©2017 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
 
Penerbit LIPI PRESS
 
Tanggal 2017-07-03
 
Tipe Book

 
Format Digital (DA)
 
Nama Identifier https://e-service.lipipress.lipi.go.id/press/catalog/book/170
 
Sumber LIPI PRESS;