Produk Pangan Berbasis Tempe dan Aplikasinya
LIPI Press
 
Field Value
 
Nama OBS Produk Pangan Berbasis Tempe dan Aplikasinya
 
Penulis Dini Ariani & Mukhammad Angwar
 
Subjek Panduan
Pengelolaan
Koleksi
Mikroorganisme
Indonesian
Culture
Collection
InaCC
 
Deskripsi Penulis: Dini Ariani & Mukhammad Angwar
Tempe sebagai bahan pangan bernutrisi tinggi dengan harga terjangkau menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Namun, keterbatasan daya simpan yang dimiliki tempe menjadi salah satu permasalahan dalam pengolahan tempe.
Buku ini hadir sebagai solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Salah satu alternatif pengolahan tempe adalah dengan mengolah tempe menjadi tepung BMC tempe yang berdaya simpan lama tanpa mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Berbagai informasi menarik terkait pengolahan tempe menjadi kudapan yang sehat, bernilai gizi tinggi, dan mudah penyajiannya juga ditemukan dalam buku ini.
Tepung BMC berbasis tempe juga telah dikembangkan dalam beberapa produk makanan fungsional, seperti makanan enteral berbasis tempe yang juga dapat digunakan sebagai makanan lewat pipa (MLP), biskuit fortifikasi Fe untuk pencegahan anemia, dan biskuit kaya serat berbasis tempe yang aman dikonsumsi penderita DM.
Buku ini diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya sebagai referensi yang berkaitan dengan program pemberian makanan tambahan sekaligus pangan fungsional. Semoga buku ini dapat membantu mengatasi beberapa permasalahan di bidang pangan dan gizi di Indonesia.
 



Copyeditor

Risma Wahyu Hartiningsih & Rahmi Lestari Helmi


Layouter
:
Rusli Fazi & Dhevi EIR Mahelingga


Cover designer 
:
Rusli Fazi


Registrasi
:
ISBN 978-979-799-998-8


Halaman
:
xvi + 65 hlm.


Dimensi
:
A5 (14,8 x 21 cm)



©2018 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
 
Penerbit LIPI PRESS
 
Tanggal 2018-09-06
 
Tipe Book

 
Format Digital (DA)
 
Nama Identifier https://e-service.lipipress.lipi.go.id/press/catalog/book/152
 
Sumber LIPI PRESS;