Kebijakan Dosen dalam Mengurangi Plagiarisme Pada Karya Ilmiah Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah IAIN Salatiga: (Studi Kasus pada Mata Kuliah Psikologi Sosial II Kelas A dan B)
LP2M IAIN Salatiga Press
 
Field Value
 
Nama OBS Kebijakan Dosen dalam Mengurangi Plagiarisme Pada Karya Ilmiah Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah IAIN Salatiga: (Studi Kasus pada Mata Kuliah Psikologi Sosial II Kelas A dan B)
 
Penulis Agus Hermawan; IAIN Salatiga
 
Subjek Kebijakan Dosen
Plagiarisme
Karya Ilmiah
 
Deskripsi Jenis penelitian ini adalah Field Research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Kebijakan yang bisa dilakukan oleh Dosen pengampu untuk mengurangi plagiarisme diantaranya; (1) Memberikan Surat Kontrak Pembelajaran yang diantaranya berisi point larangan melakukan plagiat selama proses pembelajaran dilakukan baik dalam membuat makalah, paper, laporanpenelitian, skripsi, tesis dan disertasi. (2) Memberikan edukasi dan sosialisasi tentang apa itu plagiarisme, dan cara menyusun makalah bebas plagiarisme di awal perkuliahan pada masing-masing mata kuliah sebagai materi sisipan (3) memberikan sanksi berupa teguran lesan dan tulisan agar mahasiswa yang bersangkutan tidak melakukan plagiat lagi (4) mengembalikan makalah hasil plagiat untuk direvisi kembali sesuai kaidah pembuatan karya ilmiah yang baik dan benar bebas dari plagiat (5) penundaan atau bahkan pembatalan nilai apabila makalahnya terindikasi dan terbukti hasil dari plagiat. Dampak Kebijakan Dosen dalam Mengurangi Plagiarisme Terhadap Perilaku Mahasiswa dalam Menyusun Makalah ini bisa dilihat dari keadaan perilaku mahasiswa sebelum dan sesudah mahasiswa menerima kebijakan dosen terkait larangan plagiarisme dalam pembuatan makalah. Adapun dampak perilaku akademik mahasiswa itu diantara: (1) Mahasiswa yang semula banyak mengcopy pastemulai berkurang prosentasenya. (2) Mahasiswa yang semula tidak bisa mengutip dan memparafrase sekarang mulai faham dan menerapkan bagaimana cara mengutip yang baik dan benar.
 
Penerbit LP2M-PRESS IAIN SALATIGA
 
Tanggal 2020-07-28
 
Tipe Book
 
Format Digital (DA)
 
Nama Identifier http://lp2m-press.iainsalatiga.ac.id/index.php/lp2mpress/catalog/book/3
 
Sumber LP2M-PRESS IAIN SALATIGA;