Transformasional Kepemimpinan Kepala Madrasah
IAIN Curup
 
Field Value
 
Nama OBS Transformasional Kepemimpinan Kepala Madrasah
 
Penulis Sumarto; Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
 
Subjek Pendidikan
Manajemen
Kepala Sekolah
Madrasah
 
Deskripsi Transformasional Kepemimpinan Madrasah adalah gaya kepemimpinan yang mengutamakan pemberian kesempatan dan mendorong semua unsur yang ada di Madrasah untuk bekerja atas dasar sistem nilai yang luhur, sehingga semua guru, siswa, staf pengajar dan staf lainnya, orang tua siswa, dan masyarakat bersedia, tanpa paksaan, berpartisipasi secara optimal dalam rangka mencapai tujuan madrasah.
Transformasional Kepemimpinan Madrasah yang efektif mempunyai atribut-atribut yaitu mereka melihat diri mereka sendiri sebagai agen perubahan, mereka adalah pengambil resiko yang berhati-hati, mereka yakin pada orang-orang dan sangat peka terhadap kebutuhan-kebutuhan mereka, mereka mampu mengartikulasikan sejumlah nilai inti yang membimbing perilaku mereka, mereka fleksibel dan terbuka terhadap pelajaran dan pengalaman, mereka mempunyai keterampilan kognitif, mereka memiliki keyakinan pada pemikiran yang berdisiplin dan kebutuhan akan analisis masalah yang hati-hati dan mereka adalah orang-orang yang mempunyai visi yang mempercayai instuisi mereka.
Kemampuan kepemimpinan kepala madrasah tercermin dari realisasi semua program berdasarkan strategi semua dengan fungsi dan situasi yang dihadapi. Seorang kepala madrasah sejati dapat mempengarui dan diakui oleh bawahan, memotivasi anggota komunitas madrasah untuk mengkader-diri menjadi pemimpin masa depan, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan lembaga, mempertahankan kejayaan lembaga madrasah, dan membuat cara kerja yang lebih mudah.
Kepala Madrasah menanamkan dan mendorong para pengikut atau bawahannya untuk bersikap kritis terhadap pendapat, pandangan yang sudah mapan di organaisasi dan yang ditetapkan oleh pemimpin. Pemimpin transformasional juga merangsang pengikut untuk lebih kreatif dan inovatif, serta lebih meningkatkan harapan dan mengikatkan diri pada visi. Transformasional Kepemimpinan Madrasah tidak saja didasarkan pada kebutuhan akan penghargaan diri, tetapi menumbuhkan kesadaran para pemimpin untuk berbuat yang terbaik ssuai dengan kajian perkembangan manajemen dan kepemimpinan yang memandang manusia, kinerja, dan pertumbuhan organisasi adalah sisi yang saling berpengaruh.
Secara khusus saya sangat menghargai dan memberi apresiasi yang tinggi atas ketekunan dan semangat penulis buku yang diangkat dari hasil riset di MAN Olak Kemang Kota Jambi, MAN Pulau Temiang Kabupaten Tebo dan MAN 2 Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang sangat aktual dan relevan dengan situasi dan kondisi kekinian. Buku ini selain sebagai bentuk pengabdian dan partisipasi penulis dalam mengambangkan Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, juga dapat memperkaya khazanah keilmuan dibidang Kepemimpinan Transformasional yang relatif masih minim ketersediannya baik di pustaka juga di toko buku-buku, terlebih buku yang didukung oleh data empiris yang diangkat dari penelitian.
Dengan hadirnya buku ini, sangat membantu untuk mendukung perkuliahan baik di fakultas maupun di Pascasarjana, terkait dengan program studi Manajemen Pendidikan Islam khususnya pendidikan pada umumnya.
 
Penerbit LP2 IAIN Curup
 
Tanggal 2016-11-01
 
Tipe Book
 
Format Paperback / softback (BC)
 
Nama Identifier http://book.iaincurup.ac.id/index.php/lp2/catalog/book/8
 
Sumber LP2 IAIN Curup;