Transformasi Manajemen Pendidikan Pesantren Salafiyah di Jawa Timur: Studi Kualitatif di Pesantren Lirboyo Kediri
IAIN Tulungagung Press
 
Field Value
 
Nama OBS Transformasi Manajemen Pendidikan Pesantren Salafiyah di Jawa Timur: Studi Kualitatif di Pesantren Lirboyo Kediri
 
Penulis Faizin, Mochamad Arif; IAIN Tulungagung
 
Subjek pendidikan
islam
pesantren
 
Deskripsi Sejak kondisi dunia semakin modern dan mengglobal, mestinya tidak banyak lembaga pendidikan tradisional seperti pesantren yang mampu bertahan. Kebanyakan pesantren akan lenyap tergusur oleh ekspansi sistem pendidikan umum yang lebih modern atau setidaknya mengalami transformasi, menyesuaikan diri dengan mengadopsi isi dan metodologi pendidikan umum yang lebih maju.
Namun mengapa pesantren mampu survive sampai hari ini? Demikian Azyumardi Azra mengawali kata pengantarnya dalam buku Nurcholis Majid. Pertanyaan itu mungkin kedengarannya mengada-ada, namun pertanyaan itu mengusik peneliti dan mungkin juga banyak pengamat pendidikan Islam Indonesia lainnya. Tentu apabila pesantren gagal mengelola manajemen perubahan, maka pesantren tidak akan diminati lagi oleh masyarakat dan tinggal sejarahnya saja. Kenyataan yang terjadi tidaklah demikian, pesantren belum juga lenyap dan masih mampu bertahan dan berkembang, bahkan sebagian masih dengan “ketradisionalannya” (salafiyah).
Pesantren merupakan sejarah tipologi institusi pendidikan Islam yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Para ahli sejarah mencatat bahwa eksistensi pondok  pesantren telah lahir jauh sebelum Republik Indonesia dibentuk. Pesantren telah eksis di tengah masyarakat selama enam abad (mulai abad ke-15 hingga sekarang) dan sejak awal berdirinya menawarkan pendidikan kepada masyarakat yang masih buta huruf. Hampir di seluruh penjuru Nusantara, terutama di pusat-pusat kerajaan Islam banyak para ulama yang mendirikan pondok pesantren dan mencetak ratusan bahkan ribuan alumni yang berjuang di masyarakat Hal yang mengejutkan dan sering mengherankan adalah sampai hari ini tercatat beberapa pesantren masih eksis dan berkembang di usia lebih dari 100 tahun sejak pertama kali dirintis oleh pendirinya.
 
Penerbit IAIN Tulungagung Press
 
Tanggal 2017-11-29
 
Tipe Book

 
Format Digital (DA)
 
Nama Identifier https://obs.iain-tulungagung.ac.id/index.php/iaintapress/catalog/book/46
978-602-50897-4-9
 
Sumber IAIN Tulungagung Press;