Berbaur dan Belajar dengan Masyarakat Pule: Catatan Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung di Kecamatan Pule Tahun 2017
IAIN Tulungagung Press
 
Field Value
 
Nama OBS Berbaur dan Belajar dengan Masyarakat Pule: Catatan Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung di Kecamatan Pule Tahun 2017
 
Penulis Rokhmat , Subagiyo; IAIN Tulungagung
 
Subjek KKN
 
Deskripsi Kegiatan K2N di Kecamatan Pule tidak hanya mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kecamatan Pule saja, namun juga dari forpimcam, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya, dan warga Pule sendiri sangat antusias dengan kegiatan ini. Hal ini di luar ekspektasi saya saat itu karena Pule merupakan destinasi pengabdian yang masih sangat baru dan kami baru megawali kegiatan ini di sana, namun ternyata K2N berhasil dengan baik, bahkan  warga ingin agar tahun depan diselenggarakan lagi K2N di Kecamatan Pule. Tentunya keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan semua pihak dan kerja sama tim yang luar biasa dalam rangka mewujudkan Pule sebagai kecamatan yang unggul dan berdaya. Dalam hal ini terima kasih setinggitingginya kami haturkan kepada seluruh pihak yang telah terlibat baiksecara langsung maupun tidak langsung atas suksesnya K2N tahun ini.
Serasa mendapat karunia dan berkah yang bertubitubi ketika kami dapat mewujudkan apa yang telah kami rancang bersama tim di LP2M terkait kegiatan K2N ini, kami mendapatkan kemudahan-kemudahan dan dukungan yang  luar biasa dari institut maupun dari pihak luar, mulai dari tahap pra K2N, pelaksanaan, hingga pasca K2N. Mengonsep model K2N dengan mengambil Grand Tema “KKN Tematik Posdaya Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Multisektoral” ini merupakan bagian dari ijtihad epistemologis yang kami lakukan dengan harapan bahwa melalui K2N ini mahasiswa beserta DPL dapat menjadi fasilitator, katalisator, dan dinamisator bagi masyarakat desa binaan sebagai usaha membantu pemerintah mewujudkan desa yang mandiri.
Sengaja di tahun ini kami tidak menggunakan Posdaya Masjid karena semangat pemberdayaan haruslah merata tanpa memandang perbedaan agama, siapa yang lemahmaka ia harus diberdayakan. Rasa cinta dan kasih antar sesama manusia haruslah menjadi basis utama dalam misi pemberdayaan. Dengan begitu, maka pada dasarnya kita telah memahami konsep dakwah yang lebih luas, yakni dakwah kemanusiaan dan dakwah pemberdayaan.
Melalui buku ini kami berusaha mengabadikan sejengkal sejarah pemberdayaan yang pernah kami ukir bersama dengan warga Pule selama kurang lebih empatpuluh lima hari. Harapan ke depan dengan hadirnya buku ini minimal dapat dijadikan sebagai sebuah refleksi bagi LP2M sebagai pelaksana K2N atas rekam denyut kegiatan yang sudah terlaksana beserta hasilnya, juga sebagai bahan kajian untuk menyusun strategi pemberdayaan yang lebih mantap sebagai tindak lanjut K2N di tahun yang akan datang. Selain itu, melalui buku ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran obyektif dan manfaat kepada pemerintah Kabupaten Trenggalek, PemerintahKecamatan Pule, dan pemerintah desa di wilayah Pule mengenai kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan di wilayah ini.
 
Penerbit IAIN Tulungagung Press
 
Tanggal 2017-12-30
 
Tipe Book

 
Format Digital (DA)
 
Nama Identifier https://obs.iain-tulungagung.ac.id/index.php/iaintapress/catalog/book/19
 
Sumber IAIN Tulungagung Press;