Bantuan


F.A.Q
MoraBind merupakan singkatan dari Ministry of Religious Affairs Book Indexing. MoraBind merupakan website katalog buku elektronik terbitan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Indonesia baik negeri maupun swasta. Layaknya sebuah katalog perpustakaan, Pengunjung MoraBind dapat mencari judul buku dari berbagai penerbit untuk kemudian dapat dibaca dalam format Full-Text yang disediakan oleh masing masing penerbit yang sudah menjadi anggota dari MoraBind.

MoraBind mendukung semangat keterbukaan dan kebebasan akses ilmu pengetahuan. Semua buku elektronik yang ditampilkan di situs MoraBind merupakan konten buku elektronik yang bebas biaya, sehingga pengunjung dapat mengakses maupun mengunduh materi buku elektronik tersebut secara bebas.
Secara sederhana MoraBind bisa diibaratkan sebagai sebuah tempat pameran buku yang diikuti peserta dari seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam (PTKI) di Indonesia. Setiap peserta yang ikut di pameran ini memamerkan banyak karya buku elektronik yang bisa di baca secara bebas dan gratis oleh pengunjung yang hadir di booth/stand/venue yang sudah disediakan. Tujuan dari diadakannya pameran buku ini adalah untuk mengumpulkan karya-karya penulis dari PTKI dalam satu tempat terpadu sehingga para pengunjung dimudahkan dalam mencari buku elektronik yang diinginkan.

Dalam bahasa teknis, setiap buku elektronik yang tertampil di situs MoraBind merupakan data yang di sinkronisasi dari sistem Online Book System (OBS) yang sudah dipasang di situs anggota MoraBind atau dalam hal ini adalah penerbit atau kampus PTKI. MoraBind mensinkronisasikan data tersebut menggunakan metode harvesting data yang memanfaatkan sebuah protokol internet bernama Open Archives Initiative Protocol for Metadata Harvesting(OAI-PMH).
Online Book System (OBS) merupakan sebuah penamamaan standar platform publikasi buku secara online yang disarankan oleh MoraBind. Online Book System ini dibangun dengan memanfaatkan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh tim Public Knowledge Project (PKP) yang bernama Open Monograph Press(OMP).

Aplikasi ini bertipe perangkat lunak bebas dan dirilis dibawah lisensi Open Source GPL V2, sehingga bisa dengan mudah didapatkan dan dipasang di situs masing-masing Penerbit(PTKI).
Platform OMP dari PKP ini mendukung protokol metadata harvesting bernama OAI-PMH dengan skema metadata bertipe Dublin Core (DC) yang mana protokol tersebut kompatibel dan telah teruji stabil ketika proses harvesting metadata dengan MoraBind, oleh karena itu saat ini OMP dipilih menjadi platform standar yang direkomendasikan untuk para PTKI yang ingin mempublikasikan buku secara elektronik dan ingin koleksi bukunya di index di MoraBind.

Namun apabila anda ingin menggunakan platform lain juga diperbolehkan selama platform yang anda gunakan mendukung protokol OAI-PMH dengan skema Dublin Core(DC) dan format data yang sesuai dengan standar dari MoraBind. Lebih lanjut, kami sarankan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim MoraBind apabila ingin menggunakan platform selain OMP.
Sebelum anda mengajukan permohonan index situs OBS anda ke MoraBind, silakan pastikan halaman metadata pada OBS berbasis OMP anda sudah berjalan dan bisa menampilkan data buku yang akan diindex.

Halaman metadata ini bisa anda akses pada URL
obs.namadomain/namapress/oai
Misalnya:
http://obs.iain-tulungagung.ac.id/index.php/iaintapress/oai

Selanjutnya, silakan ajukan permohonan indexing situs OBS anda melalui email tim MoraBind di morabind@kemenag.go.id.
Dalam email tersebut,pemohon harus melampirkan sebuah dokumen word berisikan Identitas OBS yang ingin di indeks dengan mencantumkan:
  1. Alamat situp OBS, misalnya http://obs.iain-tulungagung.ac.id
  2. Nama Instansi Penerbit OBS
  3. Alamat Instansi
  4. Nama Penanggungjawab
  5. Alamat Email Penanggungjawab
  6. Nomor Telepon Penanggungjawab
Setelah permohonan disetujui, tim MoraBind akan langsung melakukan pengindeksan situs OMP anda.
Ya, tim MoraBind siap membantu para calon anggota untuk mempublikasikan buku secara elektronik. Dukungan yang diberikan bisa berupa konfigurasi jarak jauh (Remote Configuration) ataupun konfigurasi di tempat (On site Configuration)
Bisa, tim MoraBind siap menyediakan pelatihan manajerial maupun cara pengoperasian dari OMP di instansi penerbit. Pengajuan permohonan pelatihan dapat anda lakukan secara elektronik melalui alamat email kami di morabind@kemenag.go.id